Tukang Taman Minimalis | Jual Tanaman Hias | Berbagai Jenis Rumput | Kolam Minimalis | Saung Gazebo

Artikel Lainnya

JUAL TANAMAN HIAS | POHON PELINDUNG | POHON PENEDUH (021) 9343 2296

WARUNG TANAMAN  menyediakan macam macam tanaman hias dan pohon pelindung bebagai jenis dengan berbagai ukuran dari yang berdiameter kecil sampai yang berdiameter besar tergantung dengan keinginan anda.menyediakan bibit bibit tanaman.pohon buah berbagai jenis.macam macam rumput.dan kami juga terima pasang taman.renovasi taman.dekorasi taman.harga bisa langsung telpon or sms kami akan berikan harga terbaik. kami memiliki berbagai macam pohon pelindung seperti :

 

Pohon Pelindung :

1.      POHON FLAMBOYAN / POHON API / Royal Ponciana

Pembibitan

Pembibitan Flamboyan dilakukan melalui biji. Tanam biji Flamboyan yang sudah tua dan dijemur dibawah terik matahari sampai kering total. Selanjutnya setelah disimpan kurang lebih 3-4 minggu kemudian disemai pada media tanam dari campuran tanah dan kompos/pupuk kandang (1:1). Semaikan dan rawat dengan baik sampai bibit setinggi 1 m baru bisa dipindahkan ke lahan tanam permanen.

flamboyan     bibit

Cara menanam Flamboyan juga tidak terlalu sulit, pohon ini juga tidak perlu perawatan yang ekstra.

Biasanya ketika akan menanam pohon Flamboyan masalah awal yang muncul adalah bagaimana cara membuat biji Flamboyan berubah menjadi kecambah. Hal ini menjadi masalah karena biji Flamboyan mempunyai bentuk yang besar dan tertutup rapat. Jika anda hanya menanamnya dengan ditanam biasa saja dijamin biji Flamboyan tidak akan tumbuh.

Untuk mengatasi masalah ini dapat dipecahkan dengan dua cara.

a.       Cara yang pertama yaitu dengan menggosok biji Flamboyan dengan amplas selama beberapa detik di semua sisinya. Kemudian setelah diampelas direndam dalam air selama satu malam. Setelah direndam kulit luar biji akan mengelupas, kemudian langsung tanam biji tersebut di pot.

b.      Cara yang kedua yaitu dengan merendam biji pada air hangat selama kurang lebih 24 jam. Kemudian tanam pada pot. Kedua cara ini semuanya dapat dibuktikan dan akan berhasil. Jika berhasil dalam pembenihan pohon Flamboyan akan tumbuh dalam waktu 4 sampai 6 hari. Cara menanam Flamboyan di awal penanaman memang sedikit susah tapi seterusnya akan mudah.

Cara menanam Flamboyan yang paling penting adalah pastikan pohon mendapatkan air dan juga sinar matahari yang cukup agar bisa tetap hidup.

Pohon ini sangat cocok jika di tanam di Indonesia karena Indonesia mempunyai iklim yang tropis dan tidak ada musim dinginnya, jadi pohon Flamboyan dapat berbunga setiap tahunnya pada musim panas.

 

Pohon yang tumbuh cepat. Budidaya tanaman Flamboyan ini harus dilakukan di tempat yang luas dan tidak berdekatan dengan bangunan terutama rumah. Akar dari pohon Flamboyan sangat banyak dan besar-besar, jika ditanam di dekat rumah dan sudah mencapai ukuran yang besar dikuatirkan dapat merusak bangunan rumah. 

2.      POHON TABEBUYA / POHON TEROMPET / Tabebuia Aurea

tabebuya     tabibuya

Pembibitan

Pembibitan pohon Tabebuya bisa dilakukan dengan biji. Caranya pilih biji yang jatuh dari pohonnya yang benar-benar tua. Buka kulitnya dan keringkan dibawah terik matahari sampai kering. Lalu simpan di tempat kering minimal sebulan. Semaikan dalam media semai dari tanah yang dicampur dengan kompos/pupuk kandang (1:1). Semai dan rawat sampai berukuran 1 m atau lebih. Setelah itu bisa dipindah tanamkan.

Persiapan Lubang Tanam

1. Jarak tanam yang dianjurkan minimal 5 meter antar tanaman. Rekomendasi terbaik untuk penghijauan kota dan komplek perumahan dapat menggunakan jarak 8 meter atau 10 meter.

2. Persiapkan lubang tanam dengan ukuran 40cmx40cmx40cm ( lebar x panjang x kedalaman) .

3. Siapkan media tanam seukuran volume lubang tanam dengan media Tanah : Pupuk Kandang ( perbandingan 60% : 40% )

4. Masukkan media tanam yang telah disiapkan sebanyak 60% dari volume lubang.

5. Lubang tanam diberi Nematisida ( Furadan 3G) untuk antisipasi rayap sebanyak 5 gr / lubang tanam.

Mampu bertahan hidup dalam kondisi kering

Habitat asli Tabebuya berasal dari daerah dengan iklim kering, sehingga memiliki ketahanan hidup yang tinggi dalam kondisi kekeringan. Hal tersebut sangat sesuai untuk dipilih sebagai tanaman penghijauan yang secara umum dihadapkan kurangnya penyiraman disaat musim kemarau.

Jenis cepat tumbuh ( fast growing species)

Termasuk jenis pohon yang mampu tumbuh dengan cepat. Pada usia tanam 8 bulan saja sudah ada Tabebuya yang bisa menghasilkan bunga.

Akar pohon aman bagi kontruksi bangunan.

Pohon Tabebuya memiliki jenis akar tunggang ( Tunggal) . Tidak merusak kontruksi atau bangunan yang berada disekitarnya. Sangat sesuai untuk di tanaman di halaman rumah bernuansa Minimalis.

3.      POHON TREMBESI / POHON KI HUJAN /Albizia Saman

Pembibitan Biji

trembesi     bibit trembesi

1.       Memasukan biji dalam air selama 1-2 menit dengan suhu 800C (1760F) dengan volume air 5X lebih banyak dari volume biji

2.       Aduk biji kemudian keringkan

3.       Rendam biji dalam air hangat dengan suhu 30-400 C (86-1040F) selama 24 jam

4.       Metode seperti ini akan membantu perkecambahan biji 90-100%. Skarifikasi biji (pengelupasan) akan tampak 3-5 hari setelah perlakuan dengan menyimpannya dalam tempat teduh dengan pemberian air yang konstan untuk membantu pertumbuhan biji

Biji sudah siap untuk ditanam setelah perkecambahan. Saat itu panjang kecambah 20-30m. Bibit yang mempunyai diameter >10mm dapat lebih bertahan dari air hujan. Perkiraan ukuran bibit saat penanaman yaitu ketika mempunyai tinggi sekitar 15-30 cm (6-12 inci) dengan panjang akar sekitar 10 cm (4 inci). Diameter batang dari bibit harus mencapai 5-30mm. Penanaman ini dapat dilakukan di pasir (tempat pembibitan) atau di tanam di polibag yang berukuran 10x20 cm dengan komposisi 3:1:1 (tanah:pasir:kompos)

Perawatan bibit diperlukan untuk menjaga bibit agar bisa tumbuh besar terutama dari serangan hama dan terpaan angin. Perawatan ini dilakukan sampai trembesi menjadi lebih tinggi dan siap untuk melindungi.

Merupakan tumbuhan pohon besar dengan ketinggian bisa mencapai hingga 20 meter dan tajuknya sangat lebar. Pohon Trembesi mempunyai jaringan akar yang luas sehingga kurang cocok ditanam di pekarangan karena bisa merusak bangunan dan jalan. Paling cocok ditanam di taman atau halaman yang luas

 

4.      POHON ASEM / Tamarindus Indica

    

Penanaman

1.       Tempat untuk menanam Asam Jawa harus dipenuhi dengan sinar matahari. Tidak memerlukan tanah jenis tertentu, tapi Asam Jawa tidak toleran terhadap area yang penuh air.

2.       Pemupukan bisa dilakukan tiga kali setahun pada bulan Maret, Juli dan September dengan 8-3-9 atau formulasi pohon buah lainnya. Perlu diketahui juga bahwa Asam Jawa tidak tahan terhadap garam, jadi jangan sekali-kali memberi garam pada akarnya.

3.       Pertumbuhan Asam Jawa bisa dibilang cukup cepat sejak dari biji. Biasanya akan membutuhkan waktu hingga 4-5 tahun sebelum bunganya mekar dan berbuah. Kondisi yang berbeda bisa saja terjadi tergantung dari varietas Asam Jawa apa yang Anda tanam.

4.       Sebelum hujan mulai pada musim semi buah Asam Jawa sudah matang. Kalau hujan turun saat buah matang, jamur bisa menyerang hasil tanaman Anda.

5.       Cara memanen Asam Jawa adalah dengan dengan menggoyangkan cabang dan mengumpulkan polongnya di atas tikar di bawah pohon. Ini hanya akan bekerja jika buah sepenuhnya matang dan hujan belum mulai. Kalau tidak Anda harus siap menyortir dengan tangan buah matang dan mentah untuk membersihkan buah yang busuk. Selesai dipanen polongnya dijemur selama 5-7 hari untuk membuat semua buah matang. Kemudian Anda bisa menyimpannya selama 1 tahun pada suhu kamar dan tempat yang kering.

Pohon Asam dapat tumbuh baik hingga ketinggian sekitar 1.000 m (kadang-kadang hingga 1.500 m) dpl, pada tanah berpasir atau tanah liat, khususnya di wilayah yang musim keringnya jelas dan cukup panjang.

5.      POHON ANGSANA / Pterocarpus Indicus

Angsana dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis dengan ketinggian 600-1300 meter di atas permukaan laut. Angsana akan tumbuh dengan baik pada tempat-tempat yang terbuka atau sedikit terlindungi dari sinar matahari baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Ketinggian yang paling optimal adalah 800 mdpl. Lahan yang akan ditanami harus subur dan gembur serta kaya akan unsur hara.

6.      POHON BUNGUR / Lagerstroemia Speciosa

Bagi yg ingin menanam, agar tumbuh baik, bungur membutuhkan banyak cahaya matahari. Bungur termasuk tanaman yang bandel terhadap kekeringan. Bahkan, tanaman ini akan berbunga selama musim kemarau.

7.      POHON KERSEN / POHON CERI / Muntingia Calabura L

Tanaman Kersen dapat dengan mudah dikembangkan. Dapat dikembangkan dengan cara stek. Secara alami, bijinya mudah disebarkan oleh burung-burung. Buahnya disenangi burung dan dapat tersebar melalui kotorannya. Sebagai tanaman lindung, Kersen banyak disukai orang. Mereka kebanyakan juga menggunakan kayunya sebagai bahan bakar.

Mudah tumbuh dimana saja berada. Pohon Kersen kuat dan mudah menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi tanah. Tumbuhnya cepat. Dalam kurun waktu 1 hingga 2 tahun saja, pohon ini sudah bisa mencapai tinggi 4 meter, dan berbuah.

8.      POHON KUPU-KUPU / Bauhinia Purpurea L

Memperbanyak bunga kupu-kupu cukup mudah, dapat dilakukan secara vegetatif maupun generatif.

bunga kupu2   kupu-kupu     Pohon Kupu-kupu

1.       Metode vegetatif dapat dilakukan dengan pencangkokan. Untuk pencangkokan, pilih batang yang tidak terlalu muda atau tua. Beberapa lama setelah pencangkokan, biasanya di sekitar sayatan pencangkokan akan keluar akar-akarnya. Jika jumlah akar-akar cangkokan sudah cukup banyak maka dapat dipersiapkan untuk penanaman.

2.       Menggunakan biji (generatif). Sebaiknya gunakan media tanah berpasir dalam pot sehingga mudah dikeringkan. Tumbuhkan di bawah sinar matahari dan cukup akan penyiraman. Jika kita memberikan perhatian, maka bunga kupu-kupu dapat tumbuh dengan baik.

Sebelum ditanam di tanah lapang, biji bunga kupu-kupu melalui tahap perkecambahan terlebih dahulu. Terlebih dahulu biji digores (tidak harus), penggoresan biji dilakukan agar air mampu memasuki lapisan biji sehingga mampu berkecambah. Rendam biji di air panas semalaman untuk mempercepat perkecambahan. Letakan biji di pot dengan kedalaman 1-2 cm, tempatkan pot di tempat yang hangat dan jaga kelembaban media tanam.

Dapat hidup di tempat terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman ini sering di tanam di pinggir jalan atau dapat dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah. Selain itu, tanaman ini dapat tumbuh liar sebagai semak belukar. Perawatan tanaman ini tidak terlalu sulit, agar mendapatkan tanaman yang indah, Anda harus menyiapkan lahan yang subur, gembur, dan pengaturan drainase yang baik.

 

9.      POHON SIKAT BOTOL / Callistemon Citrinus

sikat botol   pohon sikat botol

Tips:

1.       Suhu minimal 45 F

2.       Cahaya penuh matahari langsung

3.       Jaga kondisi media tetap lembab

4.       Penggantian media  1 tahun sekali

5.       Perbanyakan dengan stek batang

Tanaman ini toleran terhadap kekurangan air, yang paling dibutuhkan adalah cahaya yang cukup dengan udara yang sejuk. Tanaman ini memerlukan pemangkasan agar dapat berbentuk perdu, tanaman ini sebaiknya digunakan di luar ruangan.

 

10.       POHON ASOKA

1.       POHON ASOKA BIASA / Polyalthia Sp

Tanaman asoka berbunga ketika menjelang musim hujan tiba. Bunganya dapat bertahan selama 3-4 bulan dan biasanya untuk memperbanyak tanaman ini, sang pemilik akan melakukan pencangkokan atau lewat biji langsung. Untuk perawatannya sendiri, bunga tanaman ini cukup dipupuk sekali selama 3 bulan.

Orang-orang Eropa sering menyebut tanaman ini Flame of the Wood atau api dari hutan karena warna bunganya yang cerah serta mencolok layaknya api.

Pohon asoka adalah pohon yang dianggap suci oleh agama Hindu. Pohonnya akan mengeluarkan harum pada malam hari di bulan April dan Mei setiap tahunnya. Pohon tanaman ini sering diasosiasikan dengan cinta dan kesucian.

 

2.       POHON GLODOKAN TIANG / Polyalthea Longifolia

Tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting. Cara berkembang biak tanaman dengan biji, tetapi biji memiliki karakter cepat busuk atau tidak tahan lama. Tanaman ini dapat hidup dengan baik walau ditempatkan dibawah sinar matahari secara langsung, perawatan juga sangat mudah dan tidak merepotkan.

gelodogan tiang

Bibit Glodogan Tiang memerlukan perawatan pengendalian penyakit dengan penyemprotan, ini dikarenakan pucuk yang berumur muda disukai oleh serangga pemangsa daun tanaman. Harga tanaman yang satu ini cukup murah, anda dapat membelinya dengan harga mulai 10 ribu rupiah untuk satu bibit glodokan tiang dengan tinggi 50 Centimeter.

 

11.  POHON DAMAR / KAYU AGATIS / Agathis Dammara L

Damar tumbuh secara alami di hutan hujan dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1.200 m dpl. Namun di Jawa, tumbuhan ini terutama di tanam di pegunungan.  Getah pohon Damar disebut sebagai Kopal. Merupakan tumbuhan asli Indonesia (Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Filipina).

12.  POHON CEMARA / Cupressus Retusa

Pembibitan

Pilih batang yang sudah cukup umur dan memiliki panjang diatas 30 cm. Lalu potong dan kerat kulit batangnya, kemudian dibungkus tanah lalu dibalut plastik bening agar dapat dipantau pertumbuhan akarnya. Lakukan penyiraman sehari sekali agar akar cepat tumbuh dengan baik. Setelah akar tumbuh banyak, segera potong dan diamkan 24 jam di tempat lembab/basah dan setelahnya baru bisa ditanam.

Perawatan

Untuk perawatannya sendiri hanya perlu penyiraman setiap 2-3 hari sekali dengan takaran secukupnya. Bila Anda menanam cemara ini, pemangkasan akan jarang dilakukan, atau bisa jadi sama sekali tidak. Sebab tanaman ini mempunyai batang yang lebih jarang dibandingkan cemara lain dan tumbuhnya juga teratur. Jangan sampai lupa lakukan pemupukan bersamaan dengan peyiangan yakni setiap 2-2,5 bulan sekali.

Harus disiapkan lahannya yang cukup luas, karena pada cemara yang berbatang besar akan memakan lahan yang cukup luas. Akarnya bisa teronggok keluar mendominasi tempat di sekitarnya, sehingga jangan ditanam di dekat rumah, maupun dekat pagar, setidaknya jauh dari bangunan di sekitarnya, Pembiakannya saat mudah karena memang pohon cemara adalah tanaman di dataran rendah, tanaman beriklim tropis yang tahan panas. 

cemara angin     cemara norfolk

 

POHON CEMARA BUNDEL

POHON CEMARA KIPAS

13.  POHON PINUS / POHON TUSAM / Pine Merkusii

Pohon pinus sering kita jumpai ketika bepergian ke daerah dataran tinggi. Pinus memiliki beberapa jenis, namun yang umum ditanam di Indonesia adalah jenis Pinus Merkusi. Cocok untuk rehabilitasi lahan kritis, tahan kebakaran dan tanah tidak subur.

Pohon pinus

 

POHON CEMARA & POHON PINUS

14.  POHON KETAPANG KENCANA / Terminalia Cattapa L

 Pohon ini cocok dengan iklim pesisir dan dataran rendah. Ketapang menggugurkan daun hingga dua kali setahun, sehingga tumbuhan ini bisa tahan menghadapi bulan-bulan yang kering.

    

Pembibitan

Pembibitan Ketapang Kencana bisa dilakukan melalui cangkok. Prinsipnya sama dengan cangkok pada umumnya. Yakni memilih batang yang bagus, lurus, dan tidak cacat. Kerat dan hilangkan lendir pada batangnya. Timpal dengan tanah dan balut dengan plastik bening. Siram secara berkala sampai akarnya tumbuh banyak. Potong dan simpan ditempat lembab.

Penanaman

Untuk media tanamnya sendiri sebaiknya Anda olah tanah dengan pupuk kandang/kompos (1:1) sampai merata. Buat lubang tanam sedalam 30 cm kemudian tanam dan padatkan areal tanam disekitar bibit. Siram agar media tanam lembab.

 

Google+